Kamis, 23 Juni 2016

10 Khasiat Luar Biasa Dari Makanan Tahu

10 Khasiat Luar Biasa Dari Makanan Tahu


10 Khasiat Luar Biasa Dari Makanan Tahu
10 Khasiat Luar Biasa Dari Makanan Tahu,-Tahu merupakan makanan yang paling banyak digemari masyarakat Indonesia. Makanan yang terbuat dari olahan kedelai ini memiliki kandungan protein yang melimpah, seperti halnya saat kita makan daging.Tahu mengandung isoflavon yang dapat mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh yang berfungsi untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Kandungan zat besi di dalam tahu juga dapat membantu dalam pembuatan hemoglobin.

Dilihat dari komposisinya, tentu tahu merupakan makanan yang sempurna. Tidak hanya kaya akan protein, kadar karbohidrat rendah, tahu juga memiliki banyak kandungan kalsium dan Vitamin E.Berikut merupakan manfaat tahu yang perlu Anda ketahui:

  • Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
Tahu telah diketahui dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan cara mengurangi kadar lipoprotein atau kolesterol jahat di dalam tubuh yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa mengkonsumsi 80 mg isoflavon setiap hari dapat meningkatkan aliran darah pada 68% pasien yang menderita risiko penyakit stroke.Isoflavon pada kedelai diketahui dapat mengurangi peradangan pada pembuluh darah dan meningkatkan elastisitasnya. Selain itu, mengkonsumsi 50 gram protein kedelai setiap hari juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 10%.

  • Mengurangi Risiko Kanker
Tahu merupakan sumber selenium, yaitu mineral yang dibutuhkan tubuh agar sistem antioksidan berfungsi dengan baik, sehingga dapat melindungi sistem dari kanker usus. Pada pria, mengkonsumsi tahu juga dapat mengurangi risiko kanker prostat.Selain itu, berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada koresponden perempuan, mereka yang mengkonsumsi tahu dalam jumlah yang tepat dapat mengurangi risiko kanker payudara sebesar 60% dibandingkan mereka yang tidak. Hal ini dikarenakan isoflavon mempengaruhi siklus menstruasi dan kadar estrogen pada darah.

  • Mengurangi Risiko Diabetes
Lebih dari 10 tahun yang lalu, beberapa penelitian pada sel dan hewan menunjukkan bahwa isoflavon pada kedelai dapat mengendalikan gula darah. Dalam sebuah studi pada perempuan menopause yang menderita diabetes, diketahui bahwa dengan mengkonsumsi 30 gram protein kedelai dapat mengurangi kadar insulin sebesar 8,1%, resistansi terhadap insulin sebesar 6,5%, dan mengurangi kadar kolesterol jahat sebesar 7,1%.Namun, meskipun tahu diketahui dapat mengendalikan gula darah, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasinya. Bahkan, dalam penelitian lainnya menunjukkan bahwa mengkonsumsi isoflavon setiap hari selama satu tahun dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan lemak darah, ketika mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Mencegah Rambut Rontok
Rambut manusia terbuat dari protein yang disebut keratin. Dengan mengkonsumsi tahu setiap hari, rambut akan mendapatkan protein yang dibutuhkan untuk memproduksi lebih banyak rambut dan menjaganya tetap sehat. Daripada membayar mahal untuk perawatan rambut, lebih baik mengkonsumsi tahu sebagai makanan sehari-hari untuk mengurangi rambut rontok. Selain lebih ekonomis, kita juga mendapatkan manfaat kesehatan yang lain, bukan?

  • Memperlambat Proses Penuaan
Tahu diketahui juga dapat mengurangi proses penuaan dengan mempertahankan elastisitas kulit dan otot-otot wajah yang mengalami penuaan. Mengkonsumsi 40 mg isoflavon kedelai setiap hari dapat mengurangi keriput dan meningkatkan elastisitas kulit setelah 8 sampai 12 minggu. Membuat masker dari tahu juga dapat membantu memelihara kesehatan kulit.Pada perempuan menopause, tahu dapat mengurangi risiko tulang keropos karena mengandung kalsium yang sangat tinggi. Tahu juga efektif untuk mencegah rheumatoid arthritis, serta dapat membantu menyeimbangkan kadar estrogen pada masa pra-menopause.

  • Meningkatkan Sirkulasi Darah
Tahu menjadi pilihan makanan sehat karena kandungan zat besi dan tembaga di dalamnya dapat meningkatkan sirkulasi darah. Kandungan nutrisi tersebut mencegah gejala anemia dan menjaga organ tubuh tetap bekerja dengan lancar karena oksigenasi yang tepat.

  • Rendah Kalori
Di dalam tahu, terdapat banyak kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh seperti Vitamin K, thiamin, riboflavin, Vitamin B6, dan folate, serta mengandung sebagian kecil dari asam pantothenic dan niacin dimana kombinasi dari berbagai macam nutrisi tersebut dapat mencegah meningkatnya berat badan. Tentu makanan yang sangat tepat bagi Anda yang ingin membantuk otot tubuh.

  • Menjaga Kesehatan Tulang
Selain nutrisi yang telah disebutkan di atas, tahu juga mengandung mineral lain seperti tembaga, seng, selenium, dan mangan yang sangat penting bagi kesehatan tulang. Sehingga, mengkonsumsi tahu juga dapat menjaga tubuh dari penyakit osteoporosis dan arthritis.

  • Mengandung Selenium
Selenium merupakan zat yang penting untuk kesehatan dan keseimbangan kelenjar tiroid yang berfungsi untuk menjaga ratusan proses di dalam tubuh dan dapat meningkatkan metabolisme.

  • Memberikan Rasa Kenyang Dan Tanpa Lemak Jenuh
Tahu diketahui dapat memberikan rasa kenyang yang dapat mencegah makan berlebihan. Selain itu, tahu juga tidak mengandung lemak jenuh yang merupakan penyebab penyakit jantung, hipertensi, dan berbagai macam penyakit lainnya.

Semoga Dengan Adanya Informasi Ini Bisa Bermanfaat Untuk Kita Semua,Terimakasih Atas Kunjungannya



10 Khasiat Luar Biasa Dari Makanan Tahu

1 komentar:

  1. Thx utk infonya..mampir yuk ke http://elementmtb.com/jangan-lakukan-hal-ini-setelah-bersepeda/

    BalasHapus