Kamis, 09 Juni 2016

13 Jenis Makanan Berkalsium Tinggi

Berjumpa kembali dihalaman blog yang selalu memberikan informasi-informasi menarik seputar dunia kesehatan dan kecantikan terkini,terbaru dan terupdate blogsehatalami2.blogspot.co.id.Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi menarik kepada anda mengenai 13 Jenis Makanan Berkalsium Tinggi yang harus anda ketahui.Karena tentunya kita ketahui bersama bahwa kalsium merupakan kebutuhan bagi tubuh terutama untuk tulang.

13 Jenis Makanan Berkalsium Tinggi

 

13 Jenis Makanan Berkalsium Tinggi
13 Jenis Makanan Berkalsium Tinggi,-Kalsium sendiri merupakan salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.Salah satu tugas dari kalsium ini adalah untuk menjaga kesehatan dan juga sebagai pembentukan tulang dan gigi serta sangat diperlukan dalam proses pembekuan darah,kontraksi otot dan juga sebagai transmisi sinyal pada sel saraf.Banyaknya kalsium di dalam tubuh manusia adalah mencapai 99% dan terletak pada tulang dan gigi. Kalsium juga dapat berperan sebagai penurun tekanan darah, dan kandungan kalsium sudah terbukti dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler pada wanita.

Mungkin kita akan bertanya-tanya darimanakah kita bisa mendapatkan asupan kalsium yang cukup setiap harinya ? sebenarnya sumber makanan kalsium banyak terdapat pada menu yang kita makan sehari hari. Zat gizi kalsium bisa di dapatkan dari jenis makanan yang bersifat nabati maupun hewani. Berikut adalah jenis jenis makanan yang mengandung sumber kalsium yang baik untuk tubuh manusia : 

Sumber Kalsium Dari Makanan Nabati 

 

  • Kacang Kacangan
Kacang kacangan adalah salah satu jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi, selain mengandung zat besi, ternyata kacang juga mengandung kalsium yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

  • Sereal Dan Dandum
Kedua makan ini juga sama seperti kacang kacangan, apalagi kita tahu bahwa gandum juga memiliki banyak sumber mineral seperti zat besi, karbohidrat dan kalsium. Maka dari itu jika anda mengikuti program diet mengkonsumsi sereal dan gandum sangat di anjurkan karena asupan ini adalah sumber karbohidrat yang baik dan memiliki unsur kalsium yang dapat membakar lemak.

  • Sayuran Hijau
Sayuran hijau adalah makanan yang sudah tidak asing lagi. Apalagi sayuran adalah menu wajib untuk kesehatan, maka dari itu sudah tidak aneh bila anda sedang sakit, dokter akan menyuruh anda untuk banyak mengkonsumsi sayuran hijau karena sayuran hijau juga dapat membuat daya tahan tubuh anda meningkat.

  • Susu Kedelai
Susu kedelai merupakan susu yang terbuat dari sari kedelai, susu ini juga dapat menjadi pengganti susu sapi bagi anda yang tidak suka mengkonsumsi susu sapi atau malah alergi pada susu sapi, agar anda dapat mengganti nutrisi yang hilang.

  • Biji-Bijian
Sama seperti kacang kacangan, biji bijian juga mengandung banyak sekali sumber kalsium yang baik untuk tubuh.

  • Tahu Dan Tempe
Tahu dan tempe adalah makanan yang sudah pasti sering kita konsumsi. Tahu dan tempe selain memiliki sumber kalsium yang baik, juga sebagi penetralisir racun di perut. Itulah mengapa tahu dan tempe masuk dalam jenis makanan 4 sehat 5sempurna.

  • Brokoli
Siapa yang tidak mengenal sayuran yang satu ini. Berwarna hijau dan berbentuk seperti pohon yang rindang dan memiliki segudang manfaat yang terkandung di dalamnya yang salah satunya adalah kalsium.

  • Buah Buahan
Selain sayur sayuran di atas ternyata buah buahan juga mempunyai peran penting dalam hal kalsium. Jika anda ingin memiliki tulang yang baik maka rajin rajinlah mengkonsumsi buah yang sarat akan kalsium, terutama buah nangka, kismis, pepaya dan salak.

Baca Juga Informasi Terkaitnya : Triflex Capsule

Sumber Kalsium Dari Makanan Hewani 

 

  • Susu
Susu adalah sumber kalsium yang sangat baik. Maka dari itu anak anak yang dalam masa pertumbuhan di haruskan mengkonsumsi susu, dengan mengkonsumsi susu secar rutin maka pertumbuhan anak akan baik. Akan tetapi jika anda atau anak anda alergi dengan susu sapi, anda bisa mengantinya sengan susu kedelai.

  • Daging Yang Berwarna Merah
Daging juga merupakan salah satu asupan yang sarat akan kalsium. Terutama daging yang berwarna merah seperti daging sapi, daging kambing dan yang lainya.

  • Ikan
Selain omega 3 dan omega 6, ternyata ikan juga memiliki segudang nutrisi di antaranya zat besi dan kalsium. Ikan juga sangat baik untuk perkembangan otak anak. Salah satu jenis ikan yang mempunyai sumber kalsium adalah ikan salmon, ikan teri, ikantuna dan ikan sarden.

  • Udang, Lobster Dan Kepiting
Siapa yang tidak menyukai makanan laut di atas, ke tiga bahan makanan ini sering kita di temui di restoran mewah. Ternyata mereka ini adalah salah satu bahan yang memiliki sumber kalsium yang baik bagi tubuh kita.

  • Telur
Sudah tidak di ragukan lagi bahwa telur adalah asupan yang kaya akan mineral, banyak sekali manfaat yang akan kita temui pada telur termasuk kalsium. Di manakah letak kalsium pada telur?, kalsium pada telur terdapat pada kuningnya. Maka dari itu telur disebut sebagai salah satu gudang nutrisi.

Betapa pentingnya akan asupan kalsium yang cukup bagi kesehatan tubuh dan juga sebagai keseimbangan pada tubuh.Untuk itu ada baiknya kita senantiasa untuk setiap harinya selalu memenuhi kebutuhan kalsium dengan baik sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit akibat dari kekurangan kalsium.Untuk itu beberapa sumber makanan diatas bisa menjadi salah satu referensi terbaik untuk kita memenuhi kebutuhan kalsium setiap harinya.,-13 Jenis Makanan Berkalsium Tinggi


13 Jenis Makanan Berkalsium Tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar