Minggu, 17 April 2016

Cara Mencegah Penularan Dari Pasien Terjangkit TBC

Cara Mencegah Penularan Dari Pasien Terjangkit TBC


Cara Mencegah Penularan Dari Pasien Terjangkit TBC,-Mungkin zaman dulu penderita penyakit Tbc sering kali dikucilkan,akan tetapi di zaman yang sudah moderen dan maju seperti sekarang ini hal tersebut sudah tidak perlu dilakukan lagi,karena kini telah banyak cara untuk mencegahnya,jadi tidak perlu lagi untuk ragu bergaul dengan pasien pasien penderita tbc,baik itu penderita penyakit tbc paru,penyakit tbc kelenjar maupun penyakit tbc tulang.

Cara Mencegah Penularan Dari Pasien Terjangkit TBC

Dalam kondisi terkontrol, kuman TBC akan menjadi tidak aktif dalam arti risiko penularannya menjadi jauh lebih kecil atau bahkan sudah tidak menular sama sekali. Meski begitu, kadang-kadang risiko penularan masih mungkin terjadi sehingga ada baiknya tetap berhati-hati.Dan berikut ini beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan saat bergaul dengan pasien TBC adalah sebagai berikut seperti dikutip dari WebMD :

  • Batasi Kontak Di Masa Awal Pengobatan
Seseorang yang didiagnosis TB aktif dan harus menjalani pengobatan biasanya akan diisolasi selama kurang lebih 2 minggu. Kontak langsung harus dibatasi selama masa tersebut, sebab risiko penularan masih cukup tinggi.

  • Lakukan Vaksinasi
Anak-anak serta orang dengan kondisi daya tahan tubuh lemah sangat dianjurkan untuk melakukan vaksinasi Bacille Calmette-Guerin (BCG). Anjuran ini juga berlaku bagi yang ingin bepergian ke daerah endemis yang tingkat penularannya masih tinggi.

  • Gunakan Masker
Penularan kuman TB terjadi melalui pernapasan, yakni ketika menghirup droplet atau bercak dahak yang keluar saat batuk atau bersin. Penggunaan masker penutup hidung akan mengurangi risiko infeksi pada masa-masa awal pengobatan.

  • Gunakan Antibiotik Yang Sesuai Jika Diperlukan
Beberapa orang dengan daya tahan tubuh yang lemah butuh antibiotik untuk pencegahan. Namun karena antibiotik adalah obat keras, konsultasikan dulu dengan dokter mengenai jenis dan aturan pakainya.

  • Segera Periksa Jika Mulai Batuk-Batuk
Batuk yang tidak sembuh selama lebih dari 3 minggu patut dicurigai sebagai gejala TB jika seseorang pernah terlibat kontak dengan pasien TB aktif sebelumnya. Makin cepat terdeteksi, makin mudah diobati dan jenis obatnya juga lebih ringan.

  • Cuci Tangan
Meski penularan kuman TB terjadi melalui bercak dahak yang terhirup ke saluran pernapasan, bukan tidak mungkin bercak-bercak itu juga menempel di tangan atau permukaan benda lain yang sering bersentuhan dengan tangan. Sebagai langkah pencegahan, sangat disarankan untuk cuci tangan setelah terlibat kontak dengan pasien TB.

  • Makan Makanan Bergizi
TB adalah penyakit menular yang sebenarnya sangat sulit menular. Infeksi atau penularan hanya terjadi pada kondisi daya tahan tubuh yang lemah, sehingga makanan bergizi dan paparan sinar matahari akan sangat membantu mencegah penularan.

Nah,kawan bagaimana sekrang sudah mengerti bukan ? jadi untuk itu kita tidak perlu ragu maupun khawatir lagi ketika bergaul dengan pasien penderita Tbc karena meskipun separah apapun seburuk apapun penyakit itu,tetap kita bisa mencegahnya dengan sedini mungkin,yakni dengan beberapa anjuran seperti yang disampai diatas.Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menerapkan di dalam kehidupan sehari-hari.Baca juga artikel menarik lainnya yang berkaitan dengan penyembuhan maupun pencegahan penyakit tbc ini,yakni dengan beberpa anjuran dan pantangan makanan bagi penderita tbc. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar