Rabu, 15 Juni 2016

5 Komplikasi Berbahaya Dari Penyakit Radang Panggul

Sepertiyang sudah kita ketahui bersama bahwa salah satu yang paling berbahaya dari terjadinya pernyakit radang panggul ini adalah bisa merusak sistem reproduksi yang sudah terbangun dengan baik dan normal.Selain itu juga bisa menimbulkan kondisi kesehaan organ lainnya menjadi menurun.Lantas apa sebenarnya penyakit radang panggul ini ? dan apa sajakah komplikasi bahaya dari radang panggul ini ?,-5 Komplikasi Berbahaya Dari Penyakit Radang Panggul

5 Komplikasi Berbahaya Dari Penyakit Radang Panggul


5 Komplikasi Berbahaya Dari Penyakit Radang Panggul

5 Komplikasi Berbahaya Dari Penyakit Radang Panggul,-Penyakit radang panggul atau yang dalam bahasa medisnya ini bernama Pelvic inflammatory (PID) Pengobatan Untuk Sembuhkan Radang Panggulmerupakan suatu kondisi medis terjadinya infeksi pada saluran genital wanita bagian atas,termasuk di dalamnya rahim,saluran tuba,dan ovarium.Penyakit radang panggul ini merupakan salah satu penyebab utama dari infertilitas yang dapat di cegah.Dalam kasusnya penyakit ini lebih banyak di temukan pada perempuan yang berusia 15-24 tahun atau yang aktif secara seksual.Saking sangat amat berbahaya kondisi ini,maka apabila tidak segera diobati dengan efektif dn cepat dapat menyebabkan beberapa resiko berbahaya lainnya seperti :

  • Radang Panggul Berulang
Beberapa wanita akan mengalami episode PID berulang. Hal ini dikenal sebagai penyakit radang panggul Recurrent. Hal ini terjadi ketika infeksi awal tidak diobati dengan tuntas dengan berbagai alasan, termasuk penggunaan antibiotik yang tidak diminum sampai habis (selesai), atau karena “pasangan” belum diperiksa dan diobati. Jika kerusakan rahim atau saluran tuba berulang-ulang terjadi, maka akan lebih mudah bagi bakteri untuk menginfeksinya lagi, membuat seorang wanita lebih rentan untuk terkana radang panggul lagi. Jika PID sering berulang, maka bisa meningkatkan risiko infertilitas (Kemandulan) yang akan dijelaskan nanti.

  • Abses
Radang panggul juga dapat menyebabkan koleksi cairan nanah pada saluran tuba dan ovarium, lebih lanjut hal ini kita sebut sebagai abses. Abses ini dapat diobati dengan antibiotik, tapi kadang-kadang merlukan moperasi laparoskopi untuk menyingkirkannya. Cairan nanah ini juga kadang-kadang dapat dibuang dengan menggunakan jarum yang dipandu dengan ultrasound.

Baca Juga Informasi Terkaitnya : Pengobatan Untuk Sembuhkan Radang Panggul

  • Nyeri Panggul Jangka Panjang (Kronis)
Beberapa wanita dengan PID akan mengembangkan sakit di sekitar panggul dan perut bagian bawah jangka panjang (kronis), yang tentunya sangat tidak rasanya dan dapat menyebabkan masalah lebih lanjut seperti depresi dan sulit tidur (insomnia). Jika Anda mengembangkan nyeri panggul kronis, mungkin dokter akan memberikan obat penghilang rasa sakit untuk membantu mengontrol gejala dan menganjurkan beberapa pemeriksaan termasuk pemeriksaan penunjang untuk menentukan penyebabnya.

  • Kehamilan Ektopik (Hamil di Luar Kandungan)
Kehamilan ektopik terjadi ketika telur yang telah dibuahi yang seharusnya menempel (implantasi) pada rahim malah di luar rahim, biasanya di salah satu saluran tuba. Hal ini terjadi karena PID yang menginfeksi saluran tuba, dapat melukai lapisannya dan bahkan menimbulkan jaringan parut, sehingga lebih sulit bagi telur untuk melewatinya. Jika telur yang telah dibuahi terjebak dan mulai tumbuh di dalam tabung falopi, maka lama kelamaan tuba falopi dapat meledak, hal ini dapat menyebabkan pendarahan internal yang parah dan mengancam nyawa. Oleh karena itu, obat untuk menghentikan pertumbuhan sel telur atau operasi untuk menghilangkan kehamilan ektopik mungkin dianjurkan jika Anda mengalami Hal ini.

  • Infertilitas (Kemandulan)
Selain meningkatkan risiko terjadinya kehamilan ektopik, jaringan parut atau abses pada tuba falopi juga bisa membuat seorang wanita sulit hamil dengan alasan yang sama, yaitu telur tidak bisa lewat dengan mudah ke dalam rahim. Tuba falopi yang rusak atau tersumbat terkadang dapat diobati dengan pembedahan, tetapi jika hal ini tidak berhasil dan Anda ingin memiliki anak, mungkin sebagai solusinya adalah menggunakan teknik bayi tabung (IVF = In Vitro Fertilization).

Sangat berbahaya bukan komplikasi yang terjadi dari penyakit radang panggul ini apabila tidak segera ditangani dengan cepat dan efektif ? untukitulah penting bagi kita semua agar bisa mencegahnya salah satunya dengan merubah pola dan gaya hidup menjadi lebih sehat,dimulai dengan meningkatkan olahraga,kemudian memperhatikan asupan makanan dengan baik dan juga mengonsumsi vitamin dan jangan mengonsumsi obat dengan sembarangan yang dapat menyebabkan kondisi ini semakin berbahaya.Semoga dengan adanya informasi ini kita bisa lebih berhati-hati dan juga mencegah agar tidak terkena penyakit radang panggul ini.,-5 Komplikasi Berbahaya Dari Penyakit Radang Panggul


5 Komplikasi Berbahaya Dari Penyakit Radang Panggul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar